Upaya Implementasi Pembukaan Lahan Berbasis Kearifan Lokal, KPH Melawi bersama Forkopimda Melawi dan Manggala Agni Sosialisasikan Pergub Kalbar No.103/2020 dan Perbup Melawi No.44/2020
20/04/2021
Upaya Penuhi Permintaan Pasar, UPT KPH Kapuas Hulu Timur ajak Masyarakat Budidaya Kopi
28/04/2021

Manisnya Madu Kelulut Hasil Panen LPHD Senempak di Wilayah Kerja UPT KPH Melawi

Pinoh Selatan, 16 April 2021 – UPT KPH Melawi melalui tim Seksi Perlindungan dan Pemberdayaan Masyarakat KPH Melawi melakukan peninjauan progres kegiatan Pemberdayaan Masyarakat Budidaya Madu Kelulut pada LPHD Senempak Desa Senempak Kecamatan Pinoh Selatan Kabupaten Melawi.

Kami bersama dengan KUPS Madu Kelulut LPHD Senempak, Kepala Desa dan masyarakat berkesempatan melakukan pemanenan madu kelulut hasil budidaya yang dilakukan oleh KUPS Madu Kelulut LPHD Senempak dan hasil pemanenan itu menghasilkan madu kelulut sebanyak kurang lebih 5 liter dari sekitar 20 stup kelulut yang dipanen.

Sembari melakukan panen madu kelulut, KPH Melawi sempat berdiskusi dengan Ketua LPHD Senempak dan Ketua KUPS Madu Kelulut terkait peluang usaha kedepan yang bisa dikembangkan dari budidaya madu kelulut yaitu pengembangan Desa Wisata. Adapun wisata yang nantinya ditawarkan adalah berupa wisata minum madu kelulut langsung dari sarangnya dan pelatihan budidaya madu kelulut bagi para wisatawan atau tamu yang datang ke Desa Senempak. Dan Ketua LPHD, Ketua KUPS serta beberapa masyarakat merespon positif atas peluang usaha turunan dari budidaya madu kelulut tersebut.

Setelah panen rombongan menyempatkan diri untuk berkeliling di sekitar kampung dan ternyata progres perkembangan budidaya madu kelulut di Desa Senempak meningkat sangat signifikan, hal ini terlihat dari antusiasme masyarakat di beberapa kepala keluarga telah mengembangkan budidaya madu kelulut di sekitar rumah masing-masing. Meskipun baru berjalan beberapa bulan lalu, bisa dikatakan pengembangan budidaya madu kelulut di Desa Senempak ini berhasil dilakukan. Bahkan ada satu kepala keluarga sudah memiliki 25 buah stup koloni kelulut. Dan yang paling menggembirakan lagi LPHD Senempak sudah beberapa kali melakukan panen madu kelulut dan memiliki produk sendiri yaitu “Semadu” yang sudah dikemas sedemikian rupa dan siap dipasarkan.

Hal ini tentu tidak terlepas dari peran pendamping LPHD Senempak saudara Romi Santoso yang sampai saat ini berstatus sebagai salah satu bakti rimbawan KPH Melawi. Berkat kerja kerasnya selama ini dalam memberikan penyuluhan, pendampingan dan pelatihan bagi masyarakat Desa Senempak akhirnya mampu menyakinkan bahwa budidaya madu kelulut ternyata mampu memberikan manfaat bagi masyarakat khususnya dalam peningkatan pendapatan masyarakat.

Harapan kami dengan adanya progres pengembangan budidaya madu kelulut di Desa Senempak ini akan terus memberikan kontribusi positif bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat setempat.

Semoga..

Sharing is caring

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *