Upaya Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan, DLHK Prov. Kalbar gelar Rapat Koordinasi Lintas Sektoral se- Kalimantan Barat
March 18, 2021
DUKUNG OPTIMALISASI PERHUTANAN SOSIAL, KPH MELAWI DAMPINGI BUPATI SINTANG MENYERAHKAN SK MASYARAKAT HUTAN ADAT
April 1, 2021

Berdayakan Masyarakat, UPT KPH Melawi Sosialisasi Karhutla dan Pelatihan Pembuatan Cuka Kayu

Desa Kebebu Kecamatan Nanga Pinoh, 30 Maret 2021 – Dalam rangka pemberdayaan masyarakat dalam pengelolaan hutan di wilayah kerja UPT KPH Melawi, pada hari Selasa 30 Maret 2021, UPT KPH Melawi melaksanakan kegiatan Sosialisasi Karhutla dan Pelatihan Pembuatan Cuka Kayu di Desa Nanga Kebebu Kecamatan Nanga Pinoh Kabupaten Melawi.

Acara dihadiri oleh Kepala KPH Melawi, Kasi Pengawasan dan Penegakan Hukum Lingkungan Dinas Lungkungan Hidup Kab. Melawi, Ketua Regu dan Kepala Pinja Melawi Manggala Agni Daops Sintang, Kepala Desa Nanga Kebebu, Kepala Adat Dayak Pasak Kebebu, Ketua Adat Pasak Sebaju, Sekretaris Desa, Para Kaur, Tokoh Masyarakat serta masyarakat Desa Nanga Kebebu.

Acara pertama sosialisasi karhutla terkait Peraturan Bupati Melawi No. 44 Tahun 2020 tentang Tata Cara Pembukaan Lahan Bagi Masyarakat Tradisional di Kabupaten Melawi dan implementasinya di tingkat desa dengan narasumber dari instansi Dinas Lungkungan Hidup Kabupaten Melawi yaitu Kepala Seksi Pengawasan dan Penegakan Hukum Lingkungan. Namun sebelum itu ada pemaparan dari Kepala KPH Melawi terkait progres kegiatan pencegahan dan penanggulangan karhutla di wilayah kerja KPH Melawi.

Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan kesiapsiagaan penanggulangan karhutla di Kabupaten Melawi yang disampaikan oleh Kepala Regu Manggala Agni Daops Sintang.

Acara berikutnya penyampaian materi terkait teknis cara pembuatan cuka kayu untuk kemudian dilanjutkan dengan praktek langsung tata cara pembuatan cuka kayu yang semuanya didampingi oleh kawan-kawan Manggala Agni Daops Sintang. Setelah itu dilanjutkan dengan acara penutup dan foto bersama.

Ada yang menarik dari rangkaian kegiatan sosialisasi karhutla dan pelatihan pembuatan cuka kayu. Sejak diterbitkannya Peraturan Bupati Melawi no. 44 tahun 2020 sebagai turunan dari Peraturan Gubernur Kalimantan Barat no. 103 tahun 2020 tentang tata cara pembukaan lahan bagi masyarakat tradisional di Kab. Melawi maka kami KPH Melawi memiliki inisiatif untuk melakukan tindakan preemtif dan preventif berupa sosialisasi ke masyarakat serta menekankan pentingnya peran perangkat desa dan perangkat adat dalam pencegahan karhutla.

Dan kami kombinasikan dengan melakukan kegiatan pemberdayaan masyakat berupa pelatihan pembuatan cuka kayu sebagai bentuk solusi dari implikasi pelaksanaan peraturan bupati tersebut di atas di tingkat tapak. Hal ini sesuai arahan Presiden terkait solusi permanen saat rapat koordinasi karhutla bulan Februari lalu.

Harapan dari pelaksanaan dua kegiatan di atas adalah masyarakat tradisional bisa lebih memahami teknis tata cara buka lahan sesuai aturan yang berlaku sebagai bentuk antisipasi menghadapi musim kemarau sekaligus pencegahan karhutla. Dan masyarakat juga memiliki alternatif pemanfaatan limbah akibat buka lahan untuk peningkatan perekonomian bagi masyarakat sendiri.

Semoga..

Terima kasih Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Melawi dan Manggala Agni Daops Sintang .. Semoga kolaborasi seperti ini selalu terjalin dengan baik..

Semangaaattt..👍👍

Sharing is caring

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *