Pembuatan Peta Rawan Kebakaran Hutan dan Lahan Provinsi Kalimantan Barat
01/09/2020
REVIEW DAN PEMBINAAN SEKOLAH ADIWIYATA DI KOTA PONTIANAK DAN KABUPATEN KUBU RAYA TAHUN 2020
12/09/2020

Bina LPHD, KPH Melawi Melaksanakan Pelatihan Budidaya Madu Kelulut

Melawi – 10 September 2020. Sebagai wujud pengelolaan hutan berbasis masyarakat, KPH Melawi melalui Seksi Perlindungan dan Pemberdayaan Masyarakat bersama Penyuluh Kehutanan telah melakukan salah satu kegiatan pemberdayaan masyarakat berupa kegiatan Pelatihan Budidaya Madu Kelulut dengan sasaran dua LPHD di Kecamatan Pinoh Selatan yaitu LPHD Landau Garong dan LPHD Sungai Bakah.

Dipilihnya LPHD maupun skema Perhutanan Sosial lainnya, karena selain fasilitasi usulan PS, terdapat tanggung jawab moral dari KPH Melawi untuk melaksanakan kegiatan pemberdayaan masyarakat yang mengikutinya.

Acara pelatihan ini dibuka langsung oleh Pj. Kades Landau Garong dengan menghadirkan narasumber seorang pengusaha budidaya madu kelulut beserta putranya yang telah berhasil mengembangkan budidaya madu kelulut sampai berjumlah ratusan stup.

Adapun respon para peserta kali ini sangat luar biasa, bahkan dalam dengan kondisi gerimis pun masih tetap bertahan mengikuti praktek budidaya madu kelulut sampai selesai. Dan apresiasi dari narasumber sendiri juga sangat positif terhadap pelaksanaan kegiatan hari ini serta mendukung KPH Melawi untuk terus melaksanakan kegiatan serupa dalam rangka mendorong peningkatan perekonomian masyarakat, terlebih dalam kondisi pandemi Covid-19 seperti saat ini.

Kami berharap dari pelatihan kali ini bisa menumbuhkan semangat masyarakat untuk mengembangkan budidaya madu kelulut secara mandiri hingga nanti bisa produktif dan menghasilkan sehingga mampu meningkatkan roda perekonomian masyarakat setempat ungkap Hario Pamungkas Kepala Seksi Perlindungan dan Pemberdayaan Masyarakat KPH Melawi.

Sharing is caring

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *